Posted : Senin, 04 Mar 2019, 982 View Administrator, Kategori : Perdagangan

Rantauprapat, HG : Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Labuhanbatu dengan di fasilitasi oleh Balai Standarisasi Metrologi Legal (BSML) Regional I Medan telah melakukan tera ulang di 10 (sepuluh) Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Labuhanbatu selama Tahun 2018-2019 ini. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan yang dilakukan pengelola terkait ukuran dan takaran yang dapat merugikan masyarakat.

Terakhir kali tera ulang dilakukan di SPBU No. 14.214.280 Jl. Sisingamangaraja Rantauprapat pada tanggal 12 Pebruari 2019, selanjutnya tim tersebut melakukan tera ulang di SPBU 14.214.221 Bulu Cina. Selain itu tim lain dari BSML dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Labuhanbatu melakukan tera ulang terhadap timbangan jembatan dan bathcing plant di CV. Ayu Septa Perdana.

Patindoan Situmorang, SE selaku Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Labuhanbatu mengatakan, pihaknya turun melakukan uji tera ulang sebagai bagian dari pengawasan. "Hal ini dilakukan memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal dan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 1985 tentang Wajib dan Pembebasan untuk ditera dan/atau ditera ulang serta syarat-syarat bagi Alat-alat Ukur, Takar, Timbang, dan Perlengkapannya," ujarnya.

"Pengujian tera ulang terhadap pompa ukur BBM di SPBU dilakukan dengan menakar ulang/pengujian menggunakan bejana minimal 20 liter untuk memastikan takaran sesuai dengan hasil tera ulang dan mengacu pada ambang batas yang telah ditentukan, Kalau diluar ambang batas, akan kita sesuaikan," katanya. 

Pelaksanaan tera ulang dilakukan secara rutin dan berkala oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Labuhanbatu. Kepala Dinas juga menghimbau kepada pelaku usaha agar sadar bahwa tera ulang harus dilakukan rutin berkala sesuai aturan perundang-undangan.

Menurut petugas Penera Ardi Wijaya, ST dari BSML Regional I Medan, pelayanan tera/tera ulang merupakan kewenangan pemerintah kabuapten/kota. Namun, banyak kabupaten/kota belum dapat melaksanakan pelayanan secara mandiri karena belum memiliki tenaga penera yang tersertifikasi sehingga meminta bantuan fasilitasi kepada BSML untuk melakukan uji tera ulang.

Karayawan di  SPBU No. 14.214.280, Doni (37), mengatakan, pihaknya sudah terbiasa "Sudah biasa tera ulang, kami siap melayani petugas sesuai pengujian/pemeriksaan yang diinginkan," ujarnya.

Menurut Hendry Gunawan, ST selaku Kepala Seksi Metrologi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Labuhanbatu yang mendampingi tim BSML dalam melaksanakan tera ulang menyatakan "Pompa Ukur SPBU di Kabupaten Labuhanbatu telah ditera ulang dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku".



Posted : Rabu, 13 Mar 2019 PRSU KE-48 TAHUN 2019 RESMI DIBUKA
Posted : Senin, 04 Mar 2019 Mencegah Kecurangan, Mesin SPBU di Tera Ulang


Tuliskan Komentar